Tutup Menu

Lapor Pak Dusun: Warga RT 2 Usul Lebih Diperhatikan Petambak UMKM Lansia Hingga Janda

Minggu, 10 Maret 2024
Masyarakat RT 2 Dusun Polewali menghadiri acara "Lapor Pak Dusun"
    
Pos Timur, MAROS - Kepala Dusun Polewali, Desa Pajukukang, Kecamatan Bontoa mengakhiri lawatan ke sejumlah RT dilingkup pemerintahannya untuk mendengar langsung keluh kesah dan kritikan masyarakat.

Setelah resmi dilantik sebagai kepala dusun, Rauf Mappatunru memulai bekerja dengan turun blusukan dan silaturahmi ke warga RT melalui program "Lapor Pak Dusun".

Acara yang mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat itu pertama kalinya dilaksanakan di RT 1 Dusun Polewali pada (28/2) dengan jumlah 18 laporan, RT 4 sebanyak 14 laporan, dan RT 3 berjumlah 21 laporan.

Sementara, RT 2 Dusun Polewali ada 21 laporan sekaligus menjadi titik terakhir acara Lapor Pak Dusun yang digelar di kediaman salah satu warga, Minggu (9/3/2024) malam.

Para warga dari kalangan emak-emak dan bapak-bapak bergantian menyampaikan usulan dan keluhannya kepada pemerintah, ada yang mengeluh mengenai kurangnya perhatian pemerintah terhadap petani tambak, UMKM, lansia hingga janda-janda tua. 

Selain itu ada juga yang menyuarakan pengelolaan sampah dan penataan lingkungan, peningkatan jalan, jaminan kesehatan, bantuan pendidikan, bedah rumah, perbaikan talud sungai, irigasi, wisata anak-anak hingga pengaturan pemeliharaan hewan ternak.

Giat silaturahmi warga dalam acara Lapor Pak Dusun berhasil dilaksanakan di 4 RT se Dusun Polewali dengan jumlah 74 aduan. Selanjutnya kepala dusun akan melakukan pemetaan dan pendataan cepat guna melengkapi data lapangan yang dibutuhkan dengan melibatkan para ketua RT dan Kader Milisi (Milenial Squad Polewali) binaannya.

Rauf mengatakan setelah pemetaan dan pendataan cepat maka lahirlah program 1 tahun pertama menjabat sebagai Kepala Dusun Polewali.

Lanjut Rauf, episode ke 1 Lapor Pak Dusun bertujuan menyerap sebanyak-banyaknya aspirasi warga yang nantinya pada episode ke 2 berikutnya akan di evaluasi sekaligus melaporkan hasil capaian program yang telah terlaksana kepada masyarakat.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan harus dimulai dari partisipasi warga dalam perencanaan serta harus ada skema evaluasi yang dibuka secara transparan agar warga dapat mengoreksi langsung sehingga misi pembangunan yang partisipatif dan berkelanjutan dapat tercapai, tegas Rauf.

Rauf menjelaskan bahwa seluruh program yang akan dikerjakan dari aspirasi Lapor Pak Dusun tetap berpedoman pada visi misi Kepala Desa Pajukukang Saharuddin sehingga dalam pelaksanaanya tidak akan berseberangan dengan program-program di desa.

Lanjutnya lagi, Rauf menuturkan bahwa dirinya adalah pelayan masyarakat yang mendapat penugasan dari kepala desa sebagai kepala dusun untuk membantu mensukseskan program desa di tingkat dusun, namun lain hal nantinya jika ada kebijakan yang merugikan rakyat maka dia pastikan akan melakukan perlawanan, tandasnya. (oca)

Dapatkan Info Teraktual dengan mengikuti Sosial Media PosTimur.net